Home » , , » Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) merupakan pengembangan dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Yogyakarta, Institut Keguruan dan Ilmu Pnedidikan Muhammadiyah Yogyakarta sebagai lembaga Pendidikan Tinggi merupakan pengembangan FKIP Muhammadiyah Cabang Jakarta di Yogyakarta yang didirikan pada tanggal 18 November 1960. FKIP Muhamadiyah merupakan kelanjutan kursus BI Muhammadiyah di Yogyakarta yang didirikan tahun 1957, pada waktu itu kursus BI memiliki Jurusan Ilmu Mendidik, Civic Hukum dan Ekonomi.

Pada tanggal 19 Desember 1994 dengan Surat Keputusan (SK) Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 102 /D0/1994 diterapkan bahwa IKIP Muhamadiyah Yogyakarta beralih Fungsi menjadi Universitas Ahmad Dahlan.

2. Sejarah Kepemimpinan
Dengan berpedoman pada Qo’idah Perguruan Tinggi Muhammadiyah maka pergantian pimpinan tidak menimbulkan masalah - masalah yang besar, sampai saat ini telah terjadi pergantian pimpinan sebagai berikut :
  • Kurun waktu 1960 sampai 1972 Rektor IKIP Muhammadiyah dijabat oleh Prof. Faried Ma’roef
  • Kurun waktu 1972 sampai 1982 rektor dijabat oleh H. Muhammad Wazil Azi, S.H.
  •  Kurun waktu 1982 sampai 1984 rektor dijabat oleh Rektorium dengan ketua rektorium Drs. H. Ali Warsito.
  • Kurun waktu 1982 sampai 1990 rektor dijabat oleh Prof. Drs.R.H.Sukirin.
  • Kurun waktu 19990 sampai 1995 IKIP Muhamaddiyah Yogyakarta dijabat oleh Prof. Dr. H. Noeng Muhadjir. Dibawah kepemimpinan Prof. Dr. H. Noeng Muhajir dirintis pengembangan IKIP Muhamadiyah untuk menjadi Universitas Ahmad Dahlan. Pada tanggal 19 Desember 1994 secara resmi IKIP Muhamaddiyah Yogyakarta menjadi Universita Ahmad Dahlah.
  • Pada tahun 1995 sampai 1999 rektor Universitas Ahmad Dahlan dijabat oleh Prof. Dr.H. Noeng Muhajir.
  • Tahun 1999 sampai 2007 (dua periode) Rektor Universitas Ahmad Dahlan dijabat oleh Prof. Dr. H. Sugiyanto, S.U., 
  • 2007 sampai 2011 Drs. H. Kasiyarno, M.Hum. diberikan amanah untuk menjadi Rektor Universitas Ahmad Dahlan.

Visi, Misi dan Tujuan
Universitas Ahmad Dahlan
 
Visi:
Visi UAD adalah menjadikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah berkelas Internasional berbasis pada nilai ke Islaman

Misi:
Misi Universitas Ahmad Dahlan adalah :

  1. Menjalankan program – program akademik yang bermutu dan relevan dengan pembangunan berkelanjutan dalam suasana kampus Islami.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berorientasi pada integrasi seluruh bidang keilmuan untuk pencapaian masyarakat Islam.
  3. Memberikan layanan kepakaran yang berorientasi pada keberdayaan dan kalaborasi potensi pemerintah, industri, masyarakat baik lokal maupun global.

Tujuan:

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) adalah Universitas yang tujuan pendidikannya merupakan penjabaran dari Tujuan Pendidikan Nasional dan Tujuan Pendidikan Tinggi serta didasarkanpada Al-Qur’an dan As-Sunnah.

a. Tujuan Pendidikan Nasional

Tujuan Pendidikan Nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indoensia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

b. Tujuan Pendidikan Tinggi

  • Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademikdan / atau profesional yang dapat menerapkan dan / atau menciptakan ilmu pengetahuan , teknologi dan / atau kesenian. [Prof. Ismail bin Mohd.dari Departement of Mathematics Faculty of Science and Technology , University Malaysia Trengganu, Kuala Trengganu Malaysia saat presentasi pada International Seminar On “Natural Sciences and Applied Natural Sciences” Workshop “Mathematics and Multimedia” yang diselenggarakan FMIPA.UAD, 17- 18 Februari 2007 di UAD]
  • Mengembangkan dan menyerbarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi dan/atau kesenian secara mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

c. Tujuan Pendidikan UAD

  • Mendidik perserta didik untuk menjadi sarjana muslim yang beriman dan bertaqwa, berakhlaq mulia, yang mempunyai kemampuan akademik, profesional dan beramal menuju terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar–benarnya;
  • Membuat peserta didik menjadi kader pemimpin yang berkepribadian Muhammadiyah;
  • Mengembangkan dan menyebar luaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian dalam rangka memajukan Islam dan meningkatkan kesejahteraan umat manusia.

Tujuan Universitas secara khusus ditetapkan dengan pengembangan kelompok ilmu sejenis tersebut dalam pengembangannya berdasarkan aqidah Islam dan berdasarkan Pancasila.

[Prof. Dr. H. Sunyoto Usman. saat menyampaikan orasi ilmiah pada acara Milad UAD ke-47, Desember 2007 di UAD] Pola ilmiah Pokok Universitas adalah integritas Iptek-Seni, antisipasi layanan yang akademik, kepemimpinan Islam dan pengembangan ilmu menjadi Islam (Integrity of Science-Tehnology-Arts, dynamic service anticipation, leadership, and scientific development based on Islam).

Moto Universitas ini adalah Integritas Moral dan Intelektual (Moral and Intellectual Integrity).

Informasi selengkapnya bisa dilihat di website Universitas Ahmad Dahlan.


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Yogyakarta - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger