Home » » Kenduri Massal 'Ayo ke Jogja' Tampilkan Tumpeng Raksasa

Kenduri Massal 'Ayo ke Jogja' Tampilkan Tumpeng Raksasa

Pemerintah Kota Yogyakarta akan menggelar acara kenduri massal dengan tema 'Ayo ke Jogja', Ahad (5/12). Kenduri massal ini bertujuan meningkatkan kunjungan pariwisata di Kota Yogya khususnya, dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada umumnya, menyusul terjadinya erupsi Merapi yang membuat pariwisata di Yogyakarta sempat lumpuh.

Acara kenduri ini akan menampilkan satu tumpeng raksasa dari keraton dengan ingkung (ayam) berjumlah tujuh buah. “Tumpeng raksasa ini rencananya akan dipotong gubernur,” kata Wakil Wali Kota Yogya Haryadi Suyuti di Balai Kota, Jumat, (3/12). Adanya tumpeng dan ingkung bermakna pitutur, pitedak, dan pitulungan.

Target peserta yang hadir dalam kenduri massal berjumlah 15.000 orang. Peserta yang rencananya hadir berasal dari PHRI, ASITA, paguyuban becak, andong dan PR, kampung wisata, pemerintah, karang taruna, restoran, pemuda pancasila, komunitas Malioboro, dan warga. Para peserta yang hadir akan membawa tumpeng berisi nasi putih, gudangan atau urap dan telur rebus untuk dipotong dan dinikmati bersama. "Ïni bentuk kebersamaan pemerintah dan masyarakat, terutama para pelaku usaha pariwisata,” katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Yogya, Yulia Rustianingsih, mengharapkan kedatangan berbagai komunitas yang ada di Kota Yogya memeriahkan acara ini. Setiap komunitas diminta membawa tumpeng nasi putih beserta gudangan/urap dan telur rebus sebagai lauk.

Tumpeng yang akan dibawa warga itu, akan disantap bersama tumpeng raksasa dari keraton, yang akan dibawa oleh para bregodo.

Indra Godong, salah satu panitia, mengatakan para seniman akan membuat yel-yel yang kreatif agar dapat diingat oleh wisatawan mana pun yang akan datang ke Jogja.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Yogyakarta - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger