Home » , , » Lereng Merapi Sedot Wisatawan

Lereng Merapi Sedot Wisatawan

Selama liburan Natal dan Tahun Baru 2010/2011 ini, Yogyakarta tampaknya masih menjadi tempat favorit wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Namun dari sekian banyak obyek wisata di Yogyakarta, justru yang paling menyedot perhatian wisatawan adalah kawasan Kaliadem, Kinahrejo, Kabupaten Sleman yang hancur tergilas awan panas dan material vulkanik Merapi.

Kebanyakan wisatawan merasa penasaran dengan kondisi dikawasan lereng Merapi khususnya kampungnya Mbah Maridjan sang juru kunci merapi.

Hampir tiap hari kawasan itu, apalagi pada musim liburan seperti sekarang ini padat dikunjungi wisatawan yang ingin melihat kondisi sebenarnya. Akibatnya, banyak kendaraan roda dua atau mobil pribadi yang tertahan di kawasan Desa Umbulharjo yang tak jauh dari lokasi dusun Kinahrejo.

Dirlantas Polda DIY, Kombes Suharsono menyatakan, kepadatan arus wisatawan menuju kawasan lereng Merapi sudah diprediksi sehingga ada penambahan petugas di kawasan menuju lereng merapi agar lalu-lintas lancar.

''Kita juga bekerja sama dengan warga setempat untuk mencarikan jalan alternatif agar tidak terjadi penumpukan arus lalu-lintas yang menyebabkan kemacetan,'' katanya, siang tadi (27/12).

Sementara Kepolda DIY, Brigjend Pol Ondang Sutarsa menyatakan, pihaknya akan menambah pasukan di kawasan lereng Merapi yang nantinya akan digunakan tempat wisata lava tour karena kondisi tanah dilereng merapi masih dalam kondisi belum stabil.

''Belum ada parkir, tanah masih labil ini akan menjadi tambahan pengamanan yang harus dilakukan oleh petugas kepolisian sehingga kita menambah pasukan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,'' katanya.

Sedangkan Bupati Sleman, Sri Purnomo menyatakan, Pemkab Sleman selama libur panjang Natal dan Tahun Baru sengaja mempromosikan lava tour dikawasan lereng Merapi khususnya di Dusun Kinahrejo tempat tinggal Mbah Maridjan yang kini sudah tidak lagi berbentuk perkampungan namun berupa hamparan material Merapi.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Yogyakarta - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger