Home » , » Yogyakarta Raup Pajak Rp 77,8 Miliar

Yogyakarta Raup Pajak Rp 77,8 Miliar


Pendapatan Kota Yogyakarta dari pajak daerah sejak Januari hingga empat hari menjelang tutup tahun 2010 mencapai Rp 77,8 miliar. Jumlah ini telah melampaui target pajak daerah pada APBD Kota Yogyakarta 2010 sebesar Rp 75,2 miliar.

"Pendapatan dari pajak daerah hingga hari ini (kemarin) telah mencapai 103,56 persen dari target," kata Kepala Dinas Pajak Daerah dan Pengelolaan Keuangan Kota Yogyakarta, Rr Titik Sulastri, saat ditemui di kantornya, Senin (27/12/2010).

Terdapat enam komponen pajak daerah yang dipungut langsung Pemkot, yakni pajak hotel, restoran, hiburan, reklame, penerangan jalan umum, dan parkir. Dari enam jenis pajak itu, hotel menjadi penyumbang terbesar, yakni Rp 32,4 miliar atau 41,6 persen. Selanjutnya diikuti pajak penerangan jalan (Rp 23,3 miliar) dan pajak reklame (Rp 4,5 miliar).

Bencana erupsi Gunung Merapi diakui Titik sempat membuat anjlok penerimaan pajak hotel pada November karena berkurangnya jumlah wisatawan. "Pada November 2009, pajak hotel mencapai Rp 2,9 miliar. Sedangkan November kemarin hanya capai Rp 1,3 miliar saja," katanya.

Namun, Titik mengatakan, hal itu tidak sampai mempengaruhi keseluruhan penghasilan pajak secara signifikan. "Kalau (erupsi) terjadi pada awal atau pertengahan tahun, mungkin bisa mempengaruhi penerimaan pajak. Seperti bencana gempa bumi 2006 lalu," katanya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Yogyakarta - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger