Home » , » Pertamina jaga pasok ke Yogyakarta dan Bandung

Pertamina jaga pasok ke Yogyakarta dan Bandung

PT Pertamina (Persero) siagakan kapal tanker untuk menyuplai 400.000 barel premium ke Yogyakarta dan Bandung pascaledakan dan kebakaran yang terjadi pada tanki 31 T-02 Kilang Refinery Unit IV Cilacap, Jawa Tengah.

Kebakaran di kilang yang selama ini menjadi pemasok terbesar BBM nasional, terutama di Jawa, terjadi sekitar pukul 04.55 WIB pada 2 April 2011.

VP Corporate Communicaton Pertamina Mochamad Harun mengatakan kapal pengangkut premium yang disiagakan itu nantinya akan menginjeksi Terminal Lomanis untuk menjaga penyaluran ke Yogyakarta dan Bandung sehingga berjalan normal.

"Sebanyak 400.000 barel premium itu merupakan cargo schedule impor yang akan kita divert ke Cilacap untuk standby injeksi penyaluran BBM ke Yogyakarta dan Bandung," katanya hari ini.
Pertamina, lanjutnya, terus berusaha memadamkan api yang terjadi di kilang minyak itu. Awalnya, hanya dua tanki yang terbakar yaitu 31 T-02 dan 31 T-03. Saat ini, sudah merambat ke tanki 31 T-07 yang berada di sebelahnya.

Sejauh ini, tambahnya, kebakaran yang terjadi di dua tanki itu tidak berdampak terhadap kilang secara keseluruhan sehingga proses produksi tetap berjalan normal. Tanki 31 T-02 yang berkapasitas 10.487 KL itu berisikan minyak ringan HOMC (High Octane Mogas Component) yang merupakan komponen untuk meningkatkan kadar oktan number pada premium.

"Kondisi stok BBM nasional sangat aman, dengan volume stok premium, solar, dan kerosen berjumlah 3,2 juta kiloliter."

Menurut dia, hingga pukul 21.30 WIB semalam, penanganan api dengan penyemprotan foam terus dilaksanakan dan tambahan foam sudah tiba sebanyak 40 ton. Selain itu, bantuan 16 orang pemadam kebakaran dari berbagai lokasi operasi Pertamina juga sudah di lokasi sejak pukul 19.00 WIB, disusul tujuh orang lagi sekitar pukul 22.00 WIB.

Untuk sementara, penyebab kebakaran dan kerugian belum bisa diinformasikan segera karena masih dalam investigasi.(yn)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Yogyakarta - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger