Home » , » Sejumlah Sekolah Masuk Blacklist

Sejumlah Sekolah Masuk Blacklist

Beberapa sekolah yang mengikuti penerimaan mahasiswa baru lewat seleksi masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur Undangan, akan di-blacklist atau masuk dalam daftar hitam. Mereka tidak akan bisa mengikuti jalur serupa selama tiga tahun ke depan. ’’Ini karena beberapa kepala sekolah diindikasikan tidak jujur dalam pengisian data dan tata cara pendaftaran SNMPTN jalur undangan tersebut,’’ kata Rektor UNY Prof. Rochmat Wahab ditemui usai acara pemberian gelar guru besar UNY di Gedung UNY, kemarin (5/4).
Menurut Rochmat, langkah itu terpaksa dilakukan untuk menegakkan peraturan yang telah dibuat. Meski begitu, baik sekolah dan siswa yang bersangkutan masih bisa mengikutinya pendaftraran lewat jalur lain untuk pendaftaran mahasiswa baru. ’’Entah itu jalur mandiri atau jalur ujian tertulis,’’ imbuhnya.
Rektor UNY mengaku sudah mengantongi nama-nama sekolah yang tidak jujur itu. Tapi, dia enggan membeberkan sekolah mana saja yang akan di-blacklist. Selain tidak etis, nantinya sekolah juga akan tahu begitu mereka tidak mendapat undangan lagi di tahun berikutnya.
Wakil Rektor I UNY Prof. Nurfina Aznam menambahkan, siswa yang diterima melalui jalur undangan juga harus melakukan registrasi atau daftar atau daftar ulang. Mereka wajib memanfaatkan kesempatan yang telah diberikan.
Jika kesempatan tersebut disia-siakan, tak hanya siswa yang akan di-blacklist, tapi juga sekolahnya yang telah merekomendasikan siswa masuk melalui jalur undangan. ’’Bagi yang dinyatakan diterima wajib mendaftarkan diri. Jika tidak, akan kami blacklist dari pendaftaran SNMPTN maupun jalur lainnya sampai dua hingga tiga tahun ke depan,’’ tegas Nurfina.
Karena itu, calon mahasiswa yang diterima melalui SNMPTN jalur Undangan, wajib mendaftarkan diri lagi atau registrasi begitu dinyatakan diterima melalui jalur tersebut. Hingga saat ini, lanjut Nurfina, pihaknya tengah menyelesaikan seleksi jalur SNMPTN Undangan untuk pilihan pertama. Setelah pilihan pertama selesai, panitia seleksi baru akan menyelesaikan seleksi pilihan kedua. ’’Namun pengumuman tetap dilakukan bersama,’’ paparnya.
Nurfina optimistis, kuota jalur undangan di UNY bisa terpenuhi secara maksimal. Sebab, jumlah pendaftar jalur tersebut cukup melimpah.
UNY memang termasuk sepuluh besar PTN yang difavoritkan calon mahasiswa lewat jalur undangan ini. Kebanyakan yang diterima di UNY adalah mereka yang memilih UNY pada pilihan pertama di jalur ini. Setidaknya, ada sekitar 85 persen dari kuota jalur undangan dan selebihnya adalah diambil dari mereka yang memilih sebagai pilihan kedua.
Hasil seleksi pilihan pertama diharapkan sudah selesai tanggal 9 April. Setelah itu, hasilnya dikirim ke Jakarta dan dibahas bersama tim SNMPTN. Barulah, membahas calon mahasiswa yang menentukan pilihan sebagai pilihan kedua.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Yogyakarta - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger