Home » , » Pameran Seni Rupa Ajang Pembuktian Kesaktian Sanggar Suwung

Pameran Seni Rupa Ajang Pembuktian Kesaktian Sanggar Suwung

Para seniman Sanggar Suwung menggelar pameran seni rupa di Bentara Budaya Yogyakarta sejak Rabu malam (13/7). Pameran dengan tema “Menembus Batas” tersebut akan berlangsung hingga Selasa (19/7) pekan depan. Dalam pameran Menembus Batas ini ditampilkan 27 karya seni berupa lukisan dan patung yang dibuat oleh 9 seniman dari sanggar Suwung Jogjakarta.
Perwakilan dari Sanggar Sawung, Dian Anggraeni menyatakan bahwa dengan pameran tersebut, diharapkan bisa meningkatkan produktivitas dan kecakapan para individu Sanggar Suwung dalam berkarya. “Semoga ke depannya nanti, Sanggar Suwung bisa menjadi tempat berkumpul para seniman untuk saling bertukar ide dan gagasan yang menentang zaman,” ungkap Dian.
Anggota Anggar Suwung, Hermanu menambahkan, tema Menembus Batas harus dipilih, tak lain sebagai pengejawantahan bahwa berbagai aliran dan gaya masing-masing perupa tergambar dalam pameran kali ini. “Tidak ada lagi sekat-sekat. Semua melebur menjadi sebuah kesatuan yang menarik untuk diapresiasi,” ujar Hermanu.
Hermanu juga berharap dengan adanya pameran Menembus Batas ini, maka kantong budaya Sanggar Suwung juga akan ikut kembali bergelora di tengah kelesuan seni rupa Jogja dan Indonesia akhir-akhir ini.
Sementara itu, suasana pembukaan pameran pada Rabu malam tampak ramai oleh masyarakat Jogja yang ingin menyaksikan kembali kebangkitan sebuah sanggar seni yang pernah berjaya di tahun 90-an ini. Para pengunjung juga tampak antusias mengapresiasi karya-karya yang ditampilkan dalam pameran tersebut.
Salah satu karya yang cukup unik adalah sebuah patung yang berjudul “2b Membabi Buta” karya Nurul Hayat “Acil”. Karya yang terbuat dari bahan dasar bubur koran tersebut menampilkan sesosok manusia berbaju militer dengan kepala babi sedang memegang senapan mesin berujung mesin penyedot debu.
Selain karya tersebut, ada pula lukisan berjudul “Melawan Waktu” karya Alim Bachtiar yang menampilkan sosok-sosok manusia yang selalu berkejaran dengan waktu dalam hidupnya. Karya tersebut diekspresikan dalam media Acrylic On Canvas berukuran 150x200cm.(mg4)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Yogyakarta - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger