Home » , » Rampungkan Sport Training Center

Rampungkan Sport Training Center

Rampungkan Sport Training Center

Sejumlah agenda untuk pembinaan olah raga menjadi tanggungan yang harus diselesaikan wali kota Jogja terpilih mendatang. Tantangan berat itu harus diselesaikan untuk meningkatkan pembinaan insan olah raga Kota Jogja. Pemkot Jogja juga akan membangun Sport Training Centre (pusat latihan olahraga, Red ) di depan Jogja Fish Market Giwangan. Pemkot telah mempersiapkan lahan sebesar 1,5-2 ha untuk membangun berbagai sarana olah raga secara terpadu di kompleks bangunan yang berada di wilayah Kecamatan Umbulharjo tersebut.

Sebanyak 28 cabang olah raga nantinya bisa melakukan pemusatan latihan di lokasi ini secara terpadu dan bersama-sama. Disiapkan anggaran sebesar Rp 60 miliar untuk menuntaskan fasilitas olah raga ini.”Mudah-mudahan wali kota Jogja terpilih nanti bisa menuntaskan pembangunan sport center ini,” pesan Wali Kota Jogja Herry Zudianto beberapa waktu lalu.

Menurut Herry, fasilitas sport center ini akan menampung semua kegiatan atlit-atlit Kota Jogja di semua cabang olah raga, kecuali beberapa cabang yang tak bisa dilakukan di sana. Seperti terbang layang, dayung dan lainnya. Dengan fasilitas yang maksimal ini, prestasi atlit Jogja diharapkan juga akan lebih maksimal.

Selain fasilitas ini, saat ini mucul wacana Pemkot Jogja untuk bisa mendapatkan kepercayaan mengelola Stadion Mandala Krida dan Stadion Kridosono. Saat ini, dua stadion yang berada di pusat Kota Jogja tersebut dikelola Pemprov DIJ lewat BUMDnya. Wacana alih kelola ini muncul karena Pemkot Jogja sampai saat ini memang tidak memiliki stadion sendiri.

Saat ini, dua klub lain di Jogja, yakni Persiba Bantul dan PSS Sleman yang sudah memiliki stadion sendiri. Bahkan, keduanya mendapatkan dukungan dari pemerintah, baik pusat maupun Pemprov DIJ. Yang terakhir, pengajuan Pemkab Bantul untuk membangun fasilitas lampu Stadion Sultan Agung sebagai syarat untuk dipakai kompetisi ISL dikabarkan mendapatkan respon positif dari pemprov DIJ.

Sementara itu, terkait dengan Stadion Mandala Krida, klub seperti PSIM Jogja tetap akan mengandalkannya sebagai home base. Tidak ada stadion lain di wilayah Kota Jogja yang standar untuk dipakai kompetisi resmi selain Stadion Mandala Krida. Dan mau tidak mau, PSIM Jogja tetap harus menganggarkan dana untuk menyewa stadion ini untuk kegiatan tim dan menggelar latihan dan pertandingan termasuk kompetisi divisi utama yang diikutinya.(din)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Yogyakarta - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger