Home » , , » Pnyaluran BBM di Yogyakarta dan Jateng di bawah Kuota

Pnyaluran BBM di Yogyakarta dan Jateng di bawah Kuota

Penyaluran BBM Bersubsidi di wilayah DI Yogyakarta dan Jateng berjalan baik dan kondusif sehingga penyaluran BBM Bersubsidi baik premium maupun solar tidak melebihi kuota.

Padahal, beberapa saat sebelum akhir tahun sempat terjadi kekhawatiran penyaluran BBM bersubsidi akan melebihi kuota yang telah ditentukan.

Assistant Manager Eksternal Relation Pertamina Pemasaran Jateng & DIY Heppy Wulansari menjelaskan sampai akhir tahun 2012, total penyaluran Premium di wilayah DIY dan Jateng mencapai angka 3.522.400 KL atau 99,9% dari kuota yang ditetapkan Pemerintah, yaitu 3.523.490 KL. Selain itu,untuk BBM Solar, penyaluran yang terealisasi 1.851.420 KL atau sekitar 99,8% dari kuota sebesar 1.855.471 KL

Sisa tersebut, terangnya, akan diserahkan ke pusat dan dihitung secara nasional. Bisa jadi di DI Yogyakarta dan Jateng masih sisa, tetapi di daerah lain melebihi kuota. Daerah-daerah yang kuotanya masih sisa tersebut akan menutupi daerah yang melebihi kuota.

"Untuk kuota di tahun 2013, Pertamina Pemasaran DIY dan Jateng masih menunggu besaran volumenya dari pusat," terangnya, Kamis (3/1).

Untuk penyaluran, saat ini Pertamina masih tetap menyalurkan BBM bersubsidi sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, ia mengungkapkan, Pertamina mengimbau agar masyarakat tetap melakukan pengisian bahan bakar sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil. Sesuai buku manual kendaraan bermotor, sebagian besar kendaraan bermesin bensin produksi tahun 2000 ke atas, mensyaratkan bahan bakar dengan angka oktan di atas 90. Spesifikasi tersebut, terdapat pada bahan bakar Pertamax (oktan 92) dan Pertamax Plus (oktan 95).

Demikian juga kendaraan bermesin diesel keluaran terbaru, khususnya berteknologi common rail atau turbo, yang mensyaratkan penggunaan bahan bakar diesel berkualitas tinggi. Spesifikasi tersebut,dapat ditemui pada produk Pertamina DEX,yang juga telah memenuhi standard EURO 3.

Apalagi saat ini BBM Non Subsidi tersedia secara merata di seluruh kota/kabupaten di wilayah DIY dan Jateng. Dari 702 SPBU yang ada, 573 di antaranya sudah menyediakan layanan produk pertamax.

Sedangkan Pertamina Dex dalam bentuk kemasan dan telah disediakan di 299 SPBU untuk curah (dispenser) telah ada di 28 SPBU.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Yogyakarta - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger