Home » , » Wisatawan Jabar Cinta Yogyakarta

Wisatawan Jabar Cinta Yogyakarta

Wisatawan Jabar Cinta Yogyakarta

Wisatawan Jabar Cinta Yogyakarta
Wisatawan asal berbagai kota dan daerah di Jawar Barat (Jabar) sangat mencintai Yogyakarta. Ini dibuktikan dengan intensitas yang tinggi kunjungan warga Jabar ke Yogyakarta, baik masa liburan panjang seperti libur nasional sekolah, hari besar agama, lebaran maupun liburan pendek seperti akhir pekan. Selain itu, Jabar juga menjadi pintu masuk warga Malaysia ke Yogyakarta, yang ingin melepas kejenuhan usai belanja di Bandung. “Jawa Barat merupakan daerah potensial pasar pariwisata Yogyakarta. Ini bisa diperhatikan dari jumlah wisatawan nusantara ke Yogyakarta, wisatawan dari kawasan Jawa Barat terbanyak ke dua,” kata Kepala Dinas Pariwisata DI Yogyakarta Tazbir Abdullah, Kamis (31/1/13), saat menghadiri perjamuan Pikiran Rakyat di Hotel Tentrem Yogyakarta.
Berdasarkan data kunjungan wisatawan nusantara ke Yogyakarta, periode Januari-September 2012, sebanyak 1.732.660 orang. Terjadi kenaikan dibanding tahun 2011, sebanyak 1.124.022 orang. Adapun wisatawan asing sebanyak 156.025 orang. “Wisatawan nusantara asal Jawa Barat paling banyak. Jika dihitung rata-rata, wisatawan dari Jawa Barat pada posisi kedua dari total wisatawan ke Yogyakarta,” ujar Tazbir.
Menurut dia sejumlah wisatawan dari Malaysia masuk dari Bandung. Diduga, para pelancong asal Malaysia jenuh usaI belanja di Bandung. Sebagai releksasi, mereka berkunjung ke Yogyakarta ke tempat tertentu saja seperti Prambanan, atau kuliner. "Mereka tiba dengan menumpang pesawat, pulang naik kereta api ke Bandung lagi," ujar dia.
Tazbir menjadi bagian dari tamu dalam perjamuan yang diselenggarakan oleh PT Pikiran Rakyat di Yogyakarta, yang diikuti oleh berbagai asosiasi di Yogyakarta,antara lain Asosiasi Agensi Tour dan Travel Indonesia Cabang Yogyakarta, Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia Yogyakarta, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Yogyakarta, Asosiasi Perempuan Pengusaha Yogyakarta, Asosiasi Perancang Mode Indonesia Cabang Yogyakarta dan sejumlah lembaga lain seperti dari perguruan tinggi.
Selain itu, hadir pemilik Hotel Tentrem dan Presiden Direktur PT Sido Muncul Irwan Hidayat, Kepala Dinas Pariwisata DI Yogyakarta. Para tamu diterima oleh Direktur Utama PT Pikiran Rakyat Joko Hendrarto dan jajaran direksi lainnya. Pertemuan dalam rangka membangun kebersamaan antara PT Pikiran Rakyat dan relasi-relasi strategis di Yogyakarta.
Irwan Hidayat mengapresiasi PT Pikiran Rakyat yang memilih Hotel Tentrem sebagai pilihan tempat pertemuan. Bahkan, pertemuan tersebut dicatat sebagai even perdana yang diselenggarakan oleh perusahaan. “Saya telah mengenal Pikiran Rakyat dan bekerjasama dalam beberapa momentum,” kata dia.
Kalangan pemangku pariwisata dan agensi-agensi tour, menurut dia, penting mempromosikan agenda dan lokasi tujuan wisata melalui media professional dan dikemas iklan maupun bentuk lain secara professional pula. Iklan-iklan pariwisata yang dikemas baik, mampu menarik calon wisatawan.
“Semakin banyak wisatawan tahu objek wisata, makin bagus, dan semakin banyak orang berkunjung ke tempat itu, warga daerah setempat makin banyak manfaat mendapatkan manfaat ekonomi semakin besar,” ujar dia. -->
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Yogyakarta - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger