Home » » Gumuk Pasir Parangtritis

Gumuk Pasir Parangtritis

Siapa sangka Indonesia mempunyai gurun pasir layaknya Gurun Sahara di Afrika?  Mungkin ini terdengar sedikit aneh. Tapi fenomena alam ini memang terjadi di Indonesia. Uniknya, gurun pasir ini terbentuk di daerah tropis dengan curah hujan yang cukup tinggi. Dari beberapa data yang ada, gurun pasir di Indonesia ini diklaim sebagai satu-satunya gurun pasir di Asia Tenggara. Gumuk pasir ini dapat ditemui di sepanjang muara Sungai Opak hingga Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta.

Fenomenal alam Gumuk Pasir ini memanjang sekitar 15,7 km dari muara Sungai Opak hingga Pantai Parangtritis, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, DIY. Sedangkan sebarannya ke daratan dari garis pantai mencapai 2 km. Gurun pasir di Indonesia ini dikenal dengan sebutan Gumuk Pasir. Gumuk itu sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya adalah gundukan. Jadi, Gumuk Pasir adalah gundukan-gundukan pasir yang terhampar luas. Partikel pasir yang membentuk gumuk-gumuk pasir berasal dari material vulkanik Gunung Merapi yang dibawa aliran Sungai Opak dan Sungai Progo menuju laut selatan. Sesampainya di muara, material vulkanik tersebut dihantam gelombang yang kuat. Material tersebut mengalami penggerusan hingga berubah menjadi butiran pasir yang sangat halus. Butiran pasir ini diterbangkan angin laut ke daratan. Ketika sudah ada di daratan, butiran pasir halus ini terus mengalami pergerakan sesuai dengan hembusan angin. Pada musim peralihan, angin bertiup sangat kencang dan membawa pasir lebih banyak hingga terbentuklah gundukan-gundukan pasir yang menyerupai bukit yang disebut dengan Gumuk Pasir. Proses pembentukan gumuk pasir ini memakan waktu ribuan tahun sebelum mengalami fenomena gumuk pasir ini.

Letaknya yang berdekatan dengan Pantai Parangtritis ini membuat Gumuk pasir mudah untuk di kunjungi. Gumuk pasir ini berada di sebelah barat pantai Parangtritis, tepatnya di antara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Lokasi ini bukan hanya digunakan sebagai objek wisata dimana pengunjung hanya datang, melihat-lihat serta menikmati pemandangan disekitar. Gumuk Pasir ini juga menjadi incaran para fotografer untuk mengabadikan momen-momen berharga seperti pre-wedding dan photo session. Tak hanya itu, Gumuk Pasir juga kerap digunakan sebagai tempat pembuatan videoklip dan shooting film. Siapa sangka, video klip Agnes Monica (Godai Aku Lagi) dan HiVi (Orang ketiga) digarap disana dengan mengambil background Gumuk Pasir yang mempesona itu. Karena suhunya yang tinggi pada siang hari, tak heran jika Gumuk Pasir ini juga dimanfaatkan sebagai sarana manasik bagi calon jemaah haji dan diharapkan para jamaah haji dapat menyesuaikan diri dengan suhu panas di Tanah Suci nantinya. Selain itu dimanfaatkan juga oleh kalangan akademis sebagai objek penelitian.

Homiers, untuk akses menuju lokasi Gumuk Pasir sangatlah mudah sama dengan akses menuju Pantai Parangtritis. Dari pusat Kota Yogyakarta tinggal menyusuri Jalan Parangtritis, lurus ke selatan. Setelah lebih kurang 40 menit perjalanan kita akan tiba di Pantai Parangtritis. Gurun Pasir yang terbentang luas sudah menyambut kita.


Dari berbagai sumber

 

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Yogyakarta - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger