Home » » Keunikan Pantai Jogan

Keunikan Pantai Jogan

Pantai Jogan Yogyakarta
Yogyakarta tidak hanya mempunyai deretan pantai yang cantik. Tetapi juga mempunyai objek wisata pantai yang unik yaitu Pantai Jogan. Kenapa pantai ini dibilang unik? Di sini kita tidak hanya bisa bermain di pantai saja Homiers, tapi juga bisa bermain di air terjun.

Pantai Jogan letaknya dekat dengan pantai Siung, tepatnya di desa Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, Jogjakarta. Koordinat Lokasi atau GPS S8°10’49” E110°40’33” . Pantai Jogan, merupakan pantai di kawasan Gunung Kidul  yang paling unik. Keunikannya terletak pada air terjun yang langsung jatuh ke laut. Perpaduan antara pantai dan air terjun di satu tempat merupakan sesuatu yang langka di Indonesia bahkan di dunia. Air terjun di Pantai Jogan terletak di balik perbukitan karst Gunung Kidul, Yogyakarta. Air turun terjun dari atas tebing langsung menuju bibir pantai. Pantai ini terdiri dari tebing-tebing tinggi, dinding-dinding tebing yang tajam dan bebatuan-bebatuan koral  serta mempunyai sedikit sekali pasir pantainya. Pasir pantainya dapat kita lihat ketika laut dalam keadaan surut. Di atas air terjun Jogan, diapit oleh deretan pohon palma. Disamping itu, gua-gua kecil di Jogan pun menjadi ciri khas pantai ini.

Dari Jogja perjalanannya sekitar 2 jam, kita bisa melewati Jalan Wonosari menuju Kota Wonosari lalu ambil kearah Pantai Siung dan ikuti jalan tersebut sampai di gapura loket Pantai Siung. Hati-hati dalam perjalanan Homiers, karena jalan naik turun, banyak belokan tajam. Setelah melewati gapura loket Pantai Siung, Homiers akan menjumpai di kanan jalan ada papan petunjuk Pantai Jogan dengan jalan cor-coran semen. Ikuti jalan setapak tersebut nanti kita akan sampai di Pantai Jogan. Sepanjang jalan masuk kiri jalan akan terlihat sungai kecil yang mengalir, itu adalah cikal bakal air terjun Jogan. Air sungai tersebut berasal dari bukit-bukit karst yang ada disana.

Jika menginginkan suasana sepi kita bisa naik ke atas bukit sembari menikmati keindahan lanskap pantai. Angin yang kencang berhembus ditemani suara kambing yang mengembik bisa menjadi hiburan tersendiri. Pantai Jogan seperti mengajarkan jika hiburan tidak selamanya datang dari tempat yang riuh. Kawasan pantai Jogan juga biasa dipakai sebagai tempat memancing.

Pantai ini memang jarang dibicarakan. Selain letaknya yang tersembunyi di antara Pantai Siung dan Indrayanti, Pantai Jogan juga minim fasilitas layaknya tempat wisata. Disana tidak ada akses jalan yang mudah untuk dilalui mobil. Jika kita kebetulan ada mobil dari arah berlawanan, maka salah satu harus menepi dan berhenti. Namun dibalik itu semua Pantai Jogan menyimpan eksotisme yang sangat menakjubkan.

Homiers untuk mengunjungi Pantai Jogan ini baiknya pada saat musim hujan atau pada saat peralihan musim hujan ke kemarau, karena kita akan bisa melihat air terjun tersebut.

Dari Berbagai Sumber.


Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Yogyakarta - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger