Home » » Luweng Sampang Green Canyonnya Yogyakarta

Luweng Sampang Green Canyonnya Yogyakarta

Luweng Sampang Yogyakarta
Di Yogyakarta memang tak pernah habis tempat wisata untuk kita kunjungi. Dan yang akan kita bahas kali ini adalah Luweng Sampang.


Apa itu Luweng Sampang? Ada yang tahu Homiers? Luweng Sampang merupakan air terjun yang memiliki karakteristik cukup unik. Tingginya memang terhitung cukup pendek, sekitar lima meter saja. Namun komposisi dari batuan di sekitarnya terlihat sangat menarik, berupa dinding batu yang tergerus oleh air, persis seperti di Green Canyon, hanya dengan skala yang jauh lebih kecil. Kata “Luweng Sampang” diambil dari Istilah “Sampang” dalam bahasa jawa yang berarti “Lubang” dan kata “Sampang” diambil dari nama desa setempat yaitu Desa Sampang. Luweng Sampang ini terletak di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Untuk menuju Luweng Sampang cukup mudah dapat melalui akses selatan yakni dari Gunung Kidul ataupun utara yakni dari Kabupaten Klaten. Untuk akses dari Klaten dari arah Yogya sesampainya di Bendo Gantungan belok kanan atau ke selatan, ikuti rambu yang mengarah ke Wedi dan setelah melewati Desa Canan hingga ketemu Desa Jogoprayan masih keselatan lagi sampai Sampang kemudian setelah melewati SD Sampang maju sedikit dan lokasi ada di kiri jalan tersebut. Sedangkan akses dari Gunung Kidul setelah melewati Hargodumilah atau Bukit Bintang tepat didepan Polsek Patuk belok kiri melewati rute menuju Gunung Purba Nglanggeran. Namun sebelum sampai Gunung Purba Nglanggeran tepatnya diperempatan besar jika kekanan kearah Gunung Nglanggeran kita cukup lurus saja dan ikuti jalan utama hingga lokasi.

Jika kita kesana pada musim kemarau air di Luweng Sampang akan tergenang, karena daerah ini merupakan Batuan Karst dan terkenal kering. Tetapi jika kita berkunjung pada saat musim penghujan, Luweng Sampang ini akan semakin menunjukkan keindahannya dikarenakan debit air yang jatuh akan besar dan akan semakin menampilkan pesonanya.. Konon katanya dahulu Luweng Sampang tersebut merupakan tempat pertapaan Sunan Kali Jaga yang menyebarkan Agama Islam di tanah Jawa, tepatnya di balik grojogan air atau air terjun ini.

Homiers, lokasi ini sangat cocok buat kita yang hobi akan fotografi model, landscape dan dengan pesona Luweng Sampang yang masih asli dan romantis, lokasi ini layak untuk dipilih sebagai lokasi pre-wedding.


Dari beragai sumber.

 

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Yogyakarta - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger