Home » , , » Naik Kereta Kencana Serasa Keluarga Raja di Yogyakarta

Naik Kereta Kencana Serasa Keluarga Raja di Yogyakarta

Kereta kencana selama ini identik dengan kendaraan yang hanya dinaiki oleh kalangan bangsawan, bahkan terkesan sebagai kendaraan yang sakral. Kereta tersebut biasanya hanya dikendarai untuk acara khusus yang melibatkan bangsawan maupun pejabat negara.

Kini masyarakat umum sudah bisa merasakan sensasi menaiki kendaran khas bangsawan ini untuk berkeliling melewati rute khusus di Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Ide kereta kencana yang bisa dinaiki untuk masyarakat umum ini digagas oleh GBPH Yudhaningrat dan Herry Zudianto untuk membawa wisatawan menikmati perjalanan yang sarat dengan nilai kultural Keraton Yogyakarta. Pada tanggal 23 Desember 2014 Kereta Wisata Kencana ini mulai dikenalkan kepada publik,” ujar Herman Dody, Manager Kereta Wisata Kencana.

Kereta yang disediakan untuk dapat dinaiki oleh masyarakat umum ada empat yang merupakan replika dari kereta kencana kala pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono VII yang digunakan oleh adik-adik Sultan dalam kegiatan seremonial Keraton.  Masing-masing memiliki desain tersendiri, yaitu kereta dengan pengaruh kental budaya Inggris, Belanda, Jepang dan budaya Victorian.

Kereta ini akan melewati dua rute utama. Rute pertama adalah dari Hotel Inna Garuda Malioboro melewati kawasan Nol Kilometer hingga mengelilingi benteng kawasan Keraton Yogyakarta, kemudian kembali ke Hotel Inna Garuda melalui Jalan Pasar Kembang.  Sementara rute kedua memiliki jalur yang lebih pendek, yaitu seperti rute pertama tetapi tanpa mengelilingi kawasan benteng Keraton.

Kereta Kencana ini akan dikemudikan oleh seorang kusir dengan baju tradisional khas Keraton. Kemudian para wisatawan yang menaiki kereta ini juga akan difasilitasi dengan headphone dan gadget sebagai alat bantu untuk menjelaskan tempat bersejarah yang sedang dilalui.

“Kami menyediakan gadget yang akan memberikan penjelasan berupa narasi suara yang dengan empat bahasa yang dapat dipilih, yaitu bahasa Indonesia, Inggris, Jepang, dan Belanda. Ini akan memudahkan wisatawan sebagai panduan saat melewai lokasi bersejarah yang akan dilewati rute kereta,” kata Dody.

Wisatawan dapat menaiki kereta ini dari Hotel Inna Garuda maupun Ndalem Yudhonegaran di dekat Alun-Alun Utara.

Wisatawan bisa menyewa Kereta Kencana berkapasitas empat orang ini dengan harga Rp 200.000 per kereta untuk rute panjang maupun pendek. Selamat menikmati berkeliling Yogyakarta bak keluarga kerajaan!
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Yogyakarta - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger