Home » , » Talut Longsor, Jalur Purworejo - Yogyakarta Buka Tutup

Talut Longsor, Jalur Purworejo - Yogyakarta Buka Tutup

Talut jalur alternatif Purworejo - Yogyakarta ambles di Desa Plipir Kecamatan/Kabupaten Purworejo longsor. Akibatnya akses kendaraan ke Kaligesing dan Yogyakarta terhambat karena petugas Polsek Purworejo dan warga memberlakukan sistem buka tutup arus.

Talut tersebut ambrol akibat hujan deras mengguyur wilayah Purworejo selama beberapa minggu terakhir. "Talut pelindung jalan ambles sepanjang 30 meter, padahal bangunan itu adalah pasangan batu dan semen yang kuat," terang Jumali, warga Plipir kepada KRjogja.com, Sabtu (03/01/2014).
Menurutnya, jalan belum terputus, namun sangat terancam karena talut dan tebing di bawah jalur itu ambles masuk sungai. Untuk menghindari ambles akibat beban kendaraan, jalan itu ditutup separuh dengan dipasang pagar bambu dan rambu peringatan.

Kepala Desa Plipir Ashuri mengemukakan, jalur Purworejo - Sibolong tersebut berstatus milik Provinsi Jawa Tengah. Balai Pelaksana Teknis (BPT) Bina Marga Jawa Tengah wilayah Magelang juga melakukan pengecekan dan mengukur titik longsor itu.

Jalan Purworejo - Kaligesing termasuk jalur yang ramai kendaraan. Selain menjadi akses utama warga Kaligesing menuju Purworejo dan sebaliknya, penduduk Yogyakarta juga banyak yang memanfaatkan jalan itu. "Lewat Yogyakarta juga bisa karena jalur itu tembus ke Kulonprogo," tuturnya
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Yogyakarta - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger